LOVE YOURSELF :)

Ini adalah salah satu artikel dari 'kaWanku' online magazine. Kalo ingin lebih tau tentang majalah 'kaWanku', buka aja situs www.kawankumagz.com . Have fun! :D



Sadar enggak sadar, kita harus mengakui teman punya potensi gedeee banget buat mempengaruhi sikap dan perilaku kita. Yang harus kita pikirkan, pengaruh itu bikin kita tambah baik atau enggak?


peer pressure

Peer pressure adalah 'paksaan' dari teman-teman supaya kita mengubah sikap dan tingkah laku kita biar nyambung sama mereka. Jangan mikirkalau paksaan itu selalu berbentuk kekerasan, ya. Tindakan apa pun yang bisa mempengaruhi kita, misal, enggak mau ngajak pergi kalau enggak pakai baju yang sama kayak mereka, juga masuk dalam kategori pemaksaan.

Kalau tekanan dari teman masih sebatas menyuruh pakai baju yang sama, meledek selera musik yang beda, atau melecehkan pendapat, masih oke lah. Menyebalkan memang, tapi setidaknya enggak bikin masalah. Tekanan jadi merepotkan kalau menjurus hal yang berbahaya. Misal bohong ke ortu, nge-bully orang lain, mengajak bolos sekolah, menantangin merokok, minum minuman beralkohol, mencoba drugs atau seks bebas, sampai melakukan tindakan kriminal seperti mencuri. Kalau sudah begini, kita wajib jadi cewek cerdas dan mengambil keputusan yang tepat.


Kita enggak perlu ngikutin teman kita kalau :

* Minta kita menunjukkan kesetiakawanan dengan cara ikut berantem atau diam-diaman samamusuhnya.

* 'Nyetanin' kita terus-terusan buat beli barang di luar budget kita.

* Ngajak kita buat nongkrong atau makan di tempat mahal melulu. Kalau sekali-sekali sih seru, tapi kalau terus-menerus, yang ada kantong kita jebol.

* Menyuruh kita menyebarkan gosip tentang orang lain, yang kita tahu... enggak benar!

* Ngajak kita merokok, minum minuman beralkohol, ML sama pacar atau do drugs. Hmm... a BIG no no!

* Menjelek-jelekkan teman satu geng supaya kita bisa jadi sekutunya

* Menantang kita buat melakukan hal-hal ekstrim yang kriminal. misal, mencuri baju dari butik.

Kita harus mencintai diri kita sendiri dengan enggak membiarkan kita terpengaruh dan rusak karena orang lain. Jangan sampai kita depresi karena tekanandari teman-teman juga. Apalagi kalau sampai melakukan cuts atau kegiatan menyakiti diri kita dengan silet atau cutter.

(ruth)


sumber: http://www.kawankumagz.com/read/love-yourself

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 kicauan atau hinaan:

Posting Komentar

Be impolite please!