Nasionalisme, Kunci Sukses Sebuah Negara


Heyho guys. Meskipun udah lewat boleh dong ya bahas lagi dikit tentang tanggal 28 Oktober, yep Hari Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda adalah momentum masa lalu yang sangat dikenang hingga saat ini karena kesannya sebagai pemicu nasionalisme di kalangan warga, khususnya para pemuda. Perayaan Sumpah Pemuda harusnya bukan hanya pas tanggal 28 Oktober aja ya, mestinya kan kita harus punya semangat nasionalisme itu setiap hari, setiap tarikan nafas kita malah. Nah  untuk itu, kita punya sedikit tips singkat nih buat membangkitkan semangat nasionalisme di jiwa pemuda. Cekidot cekidot !
 
Nationalism comes from the heart 
Nasionalisme itu perasaan, guys. Perasaan itu datangnya dari hati. So, pastikan hati kalian punya ‘rasa’ atau feeling yang positif. Rasa itulah yang nantinya akan mendasari rasa cinta kalian pada Indonesia. Ibarat sebuah rumah kalau pondasinya aja udah gak kuat gimana rumahnya cobak?
Lihat dan dengarkan hal-hal yang baik dari negara kita 
Faktor utama penyebab merosotnya nasionalisme di kalangan warga adalah karena mereka gemar sekali menjelek-jelekkan negaranya, mencari-cari kesalahan dari setiap kebijakan yang ada. Nah kita sebagai pemuda harusnya lebih bisa melihat sisi baik dari Indonesia agar nasionalisme itu terbiasa muncul di hati kita.
Pancasila bukan hiasan ! 
Pancasila bukan hanya untuk memperindah negara kita, Pancasila bukan hanya sebagai dasar negara yang harus dihafalkan, tapi lebih ke bagaimana Pancasila bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hati kita sudah meyakini pentingnya nasionalisme, tapi kita tidak tahu apa yang harus dilakukan, kembalikan lagi pada Pancasila sampai semua pertanyaan itu terjawab.
More selective towards the globalization 
Globalisasi nggak selamanya membawa dampak positif bagi kehidupan. Adakalanya globalisasi malah menjerumuskan kita, termasuk merusak sebuah negara dengan mengurangi sedikit demi sedikit nasionalisme pada jiwa pemudanya. So, bersikaplah lebih selektif terhadap apa saja yang kalian dapatkan dari arus globalisasi agar semangat nasionalisme tidak pudar di hati kita.
Lakukan  sebaik mungkin hal sekecil apapun yang berkaitan dengan kebaikan negara 
Sebenarnya sudah banyak sekali kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan nasionalisme di kalangan remaja, misalnya upacara Hari Senin dan hari besar nasional, lomba menyanyikan lagu kebangsaan, lomba menggambar poster dengan tema nasionalisme, dan lain sebagainya. Yang harus kita lakukan agar tujuan kegiatan tersebut bisa tercapai adalah dengan melakukan atau mengikuti kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya sesuai dengan aturan yang ada.

Nationalism is the most important thing to get a better nation
Sumber : Mading Cokocip Bias edisi ‘AYO INDONESIA BISA’
Originally by : Deviana Nuraini

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 kicauan atau hinaan:

Posting Komentar

Be impolite please!