Esai Pertamaku

DAMPAK YANG DITIMBULKAN DARI PENGGUNAAN EARPHONE YANG BERLEBIHAN

Di zaman yang semakin maju ini, membuat semakin berkembangnya berbagai alat-alat eletronik. Berbagai jenis dan macam alat-alat elektronik yang semakin banyak dan semakin canggih telah tercipta. Seperti halnya earphone, yang menjadi inovasi terbaru dari perkembangan alat telekomunikasi. Earphone ini sudah mendunia dan sangat disukai oleh seluruh masyarakat di seluruh belahan dunia. Karena earphone sangat mudah dalam penggunaanya. Selain itu, earphone juga memiliki banyak manfaat bagi pemakai. Walau earphone mempunyai banyak fungsi dan manfaat, namun earphone juga membawa dampak yang negatif dalam pemakaian earphone tersebut. Inilah yang melatarbelakangi penulis dalam mengangkat judul “Dampak Yang Ditimbulkan Dari Penggunaan Earphone Yang Berlebihan”.

Earphone adalah sepasang pengeras suara yang berbentuk kecil yang digunakan sangat dekat dengan telinga. Karena bentuknya yang kecil inilah yang membuat earphone sangat praktis untuk di bawa kemana-mana. Selain bentuknya yang kecil earphone juga mudah didapat. Karena harganya yang tidak terlalu mahal dan banyak toko yang menjual earphone itu sendiri. Sehingga earphone sangat di gemari oleh masyarakat sekarang ini.

Awalnya, earphone hanya digunakan oleh para TNI Angkatan Udara untuk melindungi telinga mereka saat melakukan penerbangan dalam misi perperangan. Kemudian, earphone semakin berkembang dan membuat semakin banyak pula kegunaan dari earphone itu. Berawal dari kegunaannya untuk mendengar sinyal audio sebelum amplifier dikembangkan. Lalu, earphone di gunakan juga untuk mendengarkan radio. Dalam hal ini, earphone memiliki fungsi sebagai antena yang berguna untuk mencari frekuensi gelombang yang di pancarkan oleh pemancar radio. Yang kemudian akan tersambung dengan pemancar tersebut. Tidak hanya itu, earphone juga digunakan oleh stasiun-stasiun televisi untuk alat pengantar pesan dari kru TV ke presenter. Earphone juga sering digunakan di studio rekaman untuk berkomunikasi agar tidak ada suara yang tidak diharapkan saat proses merakam berlangsung. Namun, karena perkembangan teknologi yang semakin maju earphone juga dapat digunakan untuk hiburan. Misalnya, kita bisa mendengarkan musik lewat earphone dari handphone, iPod, dll. Selain itu, earphone juga bisa digunakan untuk alat komunikasi. Misalnya, kita menerima telephone melalui earphone. Sehingga mempermudah kita dalam berkomunikasi.

Walaupun earphone memiliki banyak kegunaan, namun earphone juga memiliki banyak dampak yang buruk bagi kesehatan pengguna jika digunakan secara berlebihan atau terlalu sering. Dampak yang ditimbulkan dari pemakaian earphone ini, misalnya akan meyebabkan kerusakan gangguan pendengaran atau penurunan fungsi pendengaran atau tuli. Apalagi biasanya earphone dalam penggunaanya diset dalam volume sekeras-kerasnya untuk melawan suara yang bising. Hal inilah yang menyebabkan terganggunya fungsi pendengaran bagi pengguna.

Gangguan pendengaran atau ketulian yang diderita pengguna earphone ini diderita sesaat setelah earphone dilepas dari telinga. Yang menyebabkan telinga pengguna earphone terasa panas dan berdengung hebat. Hal ini dikarenakan kelelahan koklea (rumah siput), yang berperan penting dalam proses pendengaran. Dan jika gangguan pada koklea ini tidak segera ditangani akan menyebabkan gangguan pendengar tetap atau permanen.

Selain itu, akibat yang ditimbulkan jika penggunaan earphone secara berlebihan juga menimbulkan berkurangnya keseimbangan badan untuk menompang dirinya sendiri. Hal ini dikarenakan ketidakseimbangnya tekanan udara yang ada didalam rongga telinga kita.

Oleh sebab itu, kita harus mengurangi penggunaan earphone yang berlebihan. Sehingga dapat mengurangi kemungkinan mengalami akibat yang di timbulkan saat penggunaan earphone tersebut. Agar kesehatan telinga kita tidak mengalami masalah.

Dan seharusnya para ilmuwan bisa lebih membuat inovasi tebaru dari earphone ini agar lebih bisa meminimalisasikan dampak yang di timbulkan dari penggunaan earphone tersebut. Sehingga para pengguna bisa memakai earphone tersebut tanpa harus khawatir akan akibat yang ditimbulkan dari pemakaian earphone tersebut.

Selain itu, pemerintah juga bisa mensosialisasikan dampak yang ditimbulkan dari penggunaan earphone tersebut. Sehingga masyarakat bisa berhati-hati dalam penggunaan earphone tersebut agar lebih berkurangnya penderita yang telah merasakan akibat dari penggunaan earphone tersebut.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa kita tidak perlu berlebihan dalam penggunaan earphone tersebut. Agar kita bisa lebih menjaga kesehatan diri kita sendiri dan lebih bisa memilah antara sesuatu yang baik dan sesuatu yang buruk yang akan terjadi pada diri kita.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS