10 Tips Sukses Ujian!

Heyho, guystips! Banyak yang setuju kalo hal yang paling ditakuti siswa pada umumnya adalah ... UJIAN. But, from now on, jangan takut sama yang namanya ujian. Simak 10 tips menghadapi ujian di bawah ini. Check these out, yaaah.

1. Sebelum ujian sebaiknya sarapan atau makan dulu agar pada saat ujian kita tidak cepat lelah atau mengantuk.
2.  Datanglah lebih awal.
Datang lebih awal membuat kita punya waktu melihat situasi dan kondisi tempat ujian, serta menyiapkan mental sebelum ujian.
3. Bawa perelengkapan alat tulis secukupnya,
seperti pensil, pulpen, kalkulator, jam (tangan), penghapus, tip ex, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantumu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.
3. Berdoa sejenak sebelum memulai ujian.
Ini sangat penting dmanapun dan pada kondisi apapun selalu ingat Tuhan, ingat: Manusia hanya berusaha, Tuhan yang menetukan.
4. Tenang dan percaya diri.
Ingatkan dirimu bahwa kamu sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik
5. Bersantailah tapi waspada.
Ketika sampai di ruangan ujian, buatlah kondisi serileks mungkin,  jangan tegang, karena kalau kita      tegang atau grogi biasanya keringat akan keluar lebh banyak, jangan smpai keringat membasahi kertas, lebih baik jika membawa tisu (jika diperbolehkan). Jangan membuat tingkah yang mencurigakan, seperti melirik-lirik ke samping kiri kanan nanti kamu dikira mau menyontek. :D
6. Preview soal-soal ujianmu dulu
Luangkan beberapa menit dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara cepat , tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal.  Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit.  Ketika kamu membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban.
7. Jawab soal-soal ujian secara strategis.
Mulai dengan menjawab pertanyaan mudah yang kamu jawab, kemudian dengan soal-soal yang memiliki nilai tertinggi.  Pertanyaan terakhir yang seharusnya kamu kerjakan adalah:
Ø #soal paling sulit
Ø #yang membutuhkan waktu lama untuk menulis jawabannya
Ø #memiliki nilai terkecil
8. Ketika mengerjakan soal-soal pilihan ganda, ketahuilah jawaban yang harus dipilih/ditebak.
Mula-mulai, abaikan jawaban yang kamu tahu salah.  Tebaklah selalu suatu pilihan jawaban ketika tidak ada hukuman pengurangan nilai, atau ketika tidak ada pilihan jawaban yang dapat kamu abaikan.  Jangan menebak suatu pilihan jawaban ketika kamu tidak mengetahui secara pasti dan ketika hukuman pengurangan nilai digunakan.  Karena pilihan pertama akan jawabanmu biasanya benar, jangan menggantinya kecuali bila kamu yakin akan koreksi yang kamu lakukan.
9. Ketika mengerjakan soal ujian esai, pikirkan dulu jawabannya sebelum menulis.
Buat kerangka jawaban singkat untuk esai dengan mencatat dulu beberapa ide yang ingin kamu tulis.  Kemudian nomori ide-ide tersebut untuk mengurutkan mana yang hendak kamu diskusikan dulu.Ketika mengerjakan soal ujian esai, jawab langsung poin utamanya.   Tulis kalimat pokokmu pada kalimat pertama.Gunakan paragraf deduksi. uraikan paragraf-paragraf selanjutnya untuk mendiskusikan poin-poin utama secara mendetail.  Dukung poinmu dengan informasi spesifik, contoh, atau kutipan dari bacaan atau catatanmu.
10. Sisihkan waktu untuk memeriksa ulang jawaban Anda.
Periksa kembali jawaban mulai dari awal, jangan sampai ada yang belum dijawab atau salah jawab. hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah kamu menjawab semua soal-soal ujian. Gunakan waktu yang tersisa untuk membaca hasil ujian.  Keluar lebih cepat tidak menjamin hasil ujian yang lebih baik.

Anyway, good luck for all your tests, guys. Make them fair, and believe what God choose for ya :D

_10 tips di atas adalah saduran dari edukasi.kompasiana.com dengan beberapa perubahan_

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 kicauan atau hinaan:

Posting Komentar

Be impolite please!